Minggu, 25 Januari 2015

TUTORIAL CARA MEMBUAT MAIL MERGE

  1. Buatlah undangan/dokumen yang akan dikirim, seperti contoh :
1
  1. Setelah undangan/dokumen selesai,simpan dengan nama contoh srmaster. Kemudian klik menu Mailings, lalu klik Start Mail Merge dan pilih Step by Step Mail Merge Wizard.
2
  1. Pada kotak dialog yang muncul, klik 2x pada menu next:starting documenthingga muncul tulisan Step 3 of 6. Pada langkah ketiga ini, kita akan membuat sumber data.
3       123
  1. Kemudian klik Type A New List pada kolom Select Recipients, lalu klik tulisanCreate.
5
  1. Pada kotak dialog yang muncul, nama dari field tidak sesuai dengan undangan/dokumen yang kita buat. Klik tombol Customize Columns, kemudian untuk menghapus field yang tidak digunakan pilih field yang akan dihapus, klik tombol Delete, kemudian klik Yes. Lakukan terus untuk menghapus nama field yang lain.
  1. Setelah semua nama field terhapus, klik tombol Add dan mulai lah mengisi field sesuai dengan undangan/dokumen yang kita buat kemudian klik Ok.
8
  1. Mulailah mengisi data penerima undangan/dokumen ke dalam kolom, kemudian setelah selesai klik tombol
9
8. Kemudian tentukan tempat penyimpanan untuk data tersebut, simpan dengan nama contoh srdata. Kemudian klik tombol Save.
10
  1. Setelah itu kita buka kembali file srmaster yang sudah kita buat. Kemudian letakkan kursor di samping kata Yth, lalu klik Insert Merge Field dan klik tombolnama. Lakukan untuk memasukkan data berikutnya sehingga seperti gambar contoh kedua.
Contoh 1                                                    Contoh 2
11        12
  1. Kemudian klik tombol Finish & Merge, lalu klik Edit Individual Documents.
13
11. Setelah itu, akan keluar kotak dialog seperti pada gambar di bawah. Klik pada pilihan All, lalu kita klik tombol OK.
14
12. Setelah itu, maka undangan/dokumen yang kita buat melalui mail merge sudah jadi.
15
  1. Kemudian tentukan tempat penyimpanan undangan/dokumen tersebut. Simpan dengan nama contoh sreksekusi1, lalu klik tombol Save.
16

Tidak ada komentar:

Posting Komentar