Minggu, 25 Januari 2015

Definisi Internet dan World Wide Web

  1. Definisi Internet
Internet terdiri dari jutaan komputer yang terhubung di seluruh dunia dengan cara sedemikian rupa sehingga informasi dapat dikirim dari komputer mana saja ke komputer lainnya selama 24 jam dalam satu hari. Komputer – komputer ini dapat berada di rumah, sekolah, universitas, departemen pemerintahan atau area bisnis yang kecil dan besar. Karena jangkauannya yang luas, maka internet telah mengembangkan dasar komunitas yang kuat dimana informasi, perangkat lunak dan saran – saran dari para ahli dengan bebas dan gratis dibagikan.
Internet sering juga dideskripsikan sebagai ” suatu jaringan dari kumpulan jaringan ” karena setiap jaringan kecil dari suatu organisasi akan terhubung bersamaan ke dalam satu jaringan raksasa yang disebut internet. Semua komputer yang terhubung ke internet akan tampak sama. Perbedaan paling mencoloknya hanya kecepatan koneksi, yang sangat tergantung pada modem dan Internet Service Provider.
Berdasarkan pengertian diatas, maka beberapa web mendefinisikan internet sebagai berikut:
  1. Jaringan komputer seluas dunia yang menyediakan fasilitas sharing(membagikan) informasi pada tempat – tempat yang berjauhan. (mercy.edu/libraries)
  2. Suatu jaringan dari jaringan – jaringan komputer yang dioperasikan ke seluas dunia menggunakan protokol – protokol komunikasi yang umum. (utas.edu.au/library)
  3. Koleksi yang sangat banyak dari jaringan dasar yang terbentang di seluas dunia yang semuanya menggunakan protokol TCP/IP. (liv.ac.uk)
  4. Jaringan komunikasi elektronik yang menghubungkan jaringan – jaringan komputer dan fasilitas – fasilitas komputer dari suatu organisasi di seluruh dunia. (usr.com/education)
  5. Suatu jaringan komputer yang terdiri dari jaringan komputer seluas dunia yang menggunakan protokol jaringan TCP/IP sebagai fasilitas untuk mengirim dan menukar data. (wordnet.princeton.edu)
  1. Definisi World Wide Web
World Wide Web (www), secara sederhana disebut sebagai web, merupakan suatu tempat untuk informasi global yang dapat dibaca dan ditulis melalui perangkat – perangkat yang sangat banyak yang terhubung ke internet, seperti komputer, personal data assitants (PDA), telepon selular dan sebagainya.
Biasanya orang dengan salah menyebut web sebagai internet, akan tetapi websebenarnya hanya merupakan salah satu pelayanan yang dapat dioperasikan di internet, seperti halnya e-mail. World Wide Web merupakan suatu komponen dari internet yang memberikan informasi dalam bentuk grafik, sedangkan bahasa pemrograman yang digunakan untuk membangun web disebut HTML (Hypertext Markup Language).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar