Minggu, 25 Januari 2015

MEMBUAT CHART (GRAFIK) dari SEBUAH TABEL

Chart atau grafik adalah tampilan data numerik (baik angka murni atau hasil perhitungan rumus) dalam bentuk gambar. Tampilan tabel dalam bentuk chart (grafik) memudahkan kita untuk membuat tafsiran, membandingkan, melihat kecenderungan, dan menarik kesimpulan dari data tersebut. Dalam program pengolah angka seperti Microsoft Excel, grafik dapat ditampilkan berdampingan dengan data dalam satu lembar kerja yang sama.
Berikut ini akan menjelaskan cara – cara membuat grafik dari sebuah tabel.
  1. Buatlah grafik seperti gambar di bawah ini. Kemudian blok data yang akan dibuat grafik. Lalu pilih menu Insert dan pada sub menu chart pilihlah bentuk grafik yang akan kita inginkan, misalkan kita akan membuat grafik bentuk Pie.
a
  1. Setelah itu, akan muncul grafik yang kita inginkan. Lalu kita akan mengatur tampilan grafik agar lebih mudah dimengerti pada menu Chart Tools > Design, pilihlah Chart Layout yang kita inginkan.
b
  1. Pada kolom Chart Title, ketikkan judul sesuai dengan grafik yang kita buat.
c
  1. Kemudian, untuk mengatur posisi tampilan legenda grafik yang dibuat, pada menu Chart Tools > Layout, pilihlah posisi legenda grafik yang kita inginkan. Pada contoh ini posisi legenda berada di bagian kanan grafik, maka kita memilihShow Legend at Right.
d
  1. Setelah itu, untuk mengubah tampilan data persentase yang ada pada grafik maka klik 2× pada data persentase dalam grafik sehingga akan muncul kotak dialog seperti di bawah ini. Apabila kita ingin menampilkan data berupa angka dalam grafik, maka pada pilihan Label Contains klik pilihan Value dan hilangkan tanda centang pada pilihan Percentage. Untuk mengatur posisi data, dapat diatur pada pilihan Label Position.
e
  1. Grafik yang kita buat dapat ditempatkan pada halaman lembar kerja yang sama maupun lembar kerja berbeda. Untuk mengaturnya, pada menu Chart Tools > Design maka klik sub menu Move Chart dan akan muncul kotak dialog seperti di bawah ini. Apabila kita ingin meletakkan grafik pada lembar kerja yang bersamaan atau berdampingan, maka kita harus memilih tombol As object indan kemudian memilih letak grafik apakah di lembar pertama, kedua, ketiga, atau yang lainnya.
f
  1. Setelah memilih letak grafik seperti yang diinginkan, maka grafik akan otomatis berpindah pada lembar kerja yang dipilih seperti gambar berikut.
g
  1. Kemudian apabila kita ingin meletakkan grafik pada lembar kerja yang terpisah dari lembar kerja tabel tetapi masih dalam buku kerja yang sama, maka kita harus memilih tombol As new sheet
h
 9. Maka setelah kita memilih tombol As new sheet, grafik akan berpindah pada lembar baru seperti pada tampilan di bawah ini.
 i

Tidak ada komentar:

Posting Komentar